Implementasi SmartPSC
Tahapan Pelaksanaan PSC Kota/Kabupaten yaitu :
- Membuat Sistem PSC Kota/Kabupaten yang berbasis teknologi informasi komunikasi.
- Menyediakan Saran dan Prasarana berupa software di call center dan aplikasi Android (tablet, smartphone) untuk tim Pre-Hospital Care dan hardware termasuk juga Ambulans.
- Mempersiapkan SDM dengan melatih petugas di Call Centre dan tim pelaksana lapangan, termasuk tim PHC (Pre Hospital Care), tim Keamanan, tim Penanggulangan Bencana, tim Damkar.
- Mempersiapkan Masyarakat dengan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat dan melalu media sosial, media cetak dan elektronik.
- Analisa, Evaluasi dan Tindak Lanjut oleh semua stekholder yang terkait.
Keunggulan
- Pelayanan call center kegawatdaruratan medis dan non-medis dengan nomor telepon (hot line) 0xxx-xxx119 / 119.
- Penggunaan smartphone masyarakat untuk meminta bantuan dalam hitungan detik tanpa perlu berbicara, yakni melalui Aplikasi SmartPSC EMERGENCY BUTTON yang bisa didownload dari Google Play Store atau dari App Store.
- Pelayanan pra-rumah sakit dengan sistem Emergency Medical Services (EMS) / PSC mampu mendekatkan pelayanan kegawatdaruratan kepada masyarakat dengan respon time lebih cepat.
- Call Centre system, yang terdiri dari software teknologi informasi yang dilengkapi dengan hardware pendukung, yang telah terintegrasi dengan rumah sakit, semua ambulans Puskesmas dan Rumahsakit, Kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran.
Kelemahan
- Penjemputan Pasien belum dijamin oleh BPJS.
- Jaringan Telekomunikasi di Indonesia belum dapat (belum diijinkan) menunjukkan LOKASI TEPAT penelpon secara otomatis.
- Kualitas signal jaringan telepon seluler dan internet tidak merata (perlu dibackup dengan komunikasi radio).
- Belum adanya Instruksi secara simultan/inkron, dari Pimpinan Tertinggi masing-masing Lembaga/Sektor.
IMPLEMENTASI PSC-119 di Salah Satu Kabupaten/Kota/Provinsi
Suasana Command Center (Call Center) PSC-119, dengan 2 Call Taker dan 1 Dispatcher
Tim PHC turun ke lapangan setelah ditugaskan Command Center PSC-119, terkoneksi dengan menggunakan Aplikasi Mobile SmartPSC pada smartphone/tablet Driver/Perawat Tim PHC
Ketrampilan para tenaga medis sangat menentukan ketepatan, kecepatan & kualitas pelayanan. Aplikasi SmartPSC pada smartphone/tablet digunakan untuk merekam data dan alat distribusi informasi ke Command Center PSC-119 yang bisa distribusikan ke berbagai fihak terkait dengan penanganan korban.
Aplikasi SmartPSC karena dipasang pada smartphone/tablet, maka bisa digunakan kapanpun dimanapun (termasuk di perjalanan di atas ambulan) untuk merekam data dan mengkomunikasikan data ke Command Center PSC-119 secara realtime.
Kelengkapan dan kecanggihan fasilitas medis akan menentukan pula kualitas pelayanan dan penanganan korban.